Persaingan Restoran FastFood
Sampai dengan tahun
2008 banyak sekali restoran – restoran yang telah dan mulai bermunculan
di Indonesia ini. Tetapi apabila kita melihat lebih dalam lagi dari
tahun ke tahun, restoran fastfood yang mendominasi hanya itu itu saja.
Contohnya adalah Mc Donald. Perusahaan ini sangatlah laris di negara
Indonesia ini. Produk yang mereka tawarkan pun menarik. Mulai dari
makanan sampai dengan service yang mereka tawarkan. Produk yang mereka
tawarkan adalah seperti ayam, nasi, kentang goreng, hamburger, dan juga
mainan serta jasa pesan antar.
Kita lihat di luar
negeri seperti di USA, Mc D di sana tidak ada yang menjual nasi, sambal,
serta bubur ayam. Mengapa sampai ada produk itu di Indonesia? Hal ini
karena kekreatifan strategi penjualan para orang di dalam tubuh
perusahaan ini untuk mengikuti kebiasaan dari suatu negara. Sebagai
contoh adalah Mc Donald Indonesia yang beradaptasi dengan kebudayaan
Indonesia. Di USA, kebiasaan untuk memakan fast food hanya hamburger dan
kentang goreang saja tanpa nasi, ayam, dan sambal. Seperti yang bisa
dilihat bahwa di Indonesia ini mayoritas orang – orang golongan menengah
yang kurang begitu tertatirk dengan nasi dan ayam. Mc D melihat ini
sebagai peluang dan akhirnya mereka mengadaptasi budaya Indonesia yang
makanan pokoknya adalah nasi serta dengan lauk ayam serta disajikan
dengan sambal tomat dan cabai. Selain itu, kekreatifan perusahaan ini
bisa dilihat dari jasa layan antar yang mereka ciptakan. Mereka melihat
apa yang dibutuhkan pelanggan karena pada dasarnya banyak orang yang
sibuk dengan pekerjaan ataupun mahasiswa yang sibuk dengan tugasnya
sehingga tidak sempat mencari makan diluar. Atas pertimbangan ini Mc
Donald mengadakan jasa layan antar dengan menghubungi 14045. Manajemen
dari service ini sangatlah baik mulai dari pencatatan sampai dengan
pengiriman ke tempat tujuan.
Selain itu, kita bisa
melihat yang juga masih dominan saat ini adalah Kentucky Fried Chicken
atau biasa disebut dengan KFC. Banyak dari masyarakat mengatakan bahwa
Mc Donald jagonya hamburger tetapi KFC jagonya ayam. Hal ini telah
dibuktikan oleh banyak orang bahwa produk yang terbuat dari ayam lebih
enak dari KFC mulai dari ayam, crispy stripe, golden crispie, sampai
dengan kebab dengan daging ayam khas KFC. Orang kreatif penemu resep
unggulan ini adalah Colonel Sanders yang mempunyai nama panjang Harland
D. Sanders. KFC juga ada jasa layan antar tetapi tidak sehebat Mc Donald
yaitu 24 jam sehari non stop dan KFC hanya sampai jam 10 malam. Karena
banyaknya permintaan, pada tahun 2008 KFC memulai untuk membuka pesan
antar 24 jam sehari untuk memenuhi kepuasan konsumen.
Sumber : http://rheedwan.wordpress.com/2008/10/19/persaingan-restoran-fastfood/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar